Pages

Subscribe:

Jumat, 20 Januari 2012

Hakekat dan Ruang Lingkup MBB


Program studi General Education di Amerika telah dikolaborasikan para ahli pendidikan di Indonesia menjadi sebuah studi atau mata kuliah MKDU. Kelompok mata kuliah utama memaut mata kuliah Pendidikan Pancasila, Pendidikkan agama, dan pendidikan kewiraan nasional, kelompok kedua memuat mata kuliah ISBD, IBD, dan IAD. Kedua kelompok tersebut kini menjadi MPK dan MBB.
Kedua mata kuliah tersebut di atas berusaha membekali mahasiswa berupa kemampuan dasar tentang pemahaman, pemaknaan dan pengalaman nilai-nilai dasar kemanusiaan baik sebagai pribadi, sebagai warga negara Indonesia, anggota keluarga, warga masyarakat dan sabagai bagian dari ciptaan Tuhan. Tujuannya untuk agar lulusan perguruan tinggi menjadi manusia yang memiliki kepribadian yang utuh yaitu pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat rohani dan jasmani, cerdas, trampil, mandiri, memiliki jati diri, serta memiliki rasa tanggung jawab kemanusiaan dan kebangsaan.
Berdasarkan pemahaman yang diperoleh dari kajian ISBD, mahasiswa dapat mengorientasikan diri untuk selanjutnya mampu mengetahui ke arah mana pemecahan masalah harus dilakukan. Pendekatan dalam ISBD lebih bersifat interdisiplin atau multidisiplin. Pendekatan bersumber dari dasar-dasar ilmu sosial dan budaya yang bersifat terintegrasi.
Mahasiswa sebagai calon ilmuwan dan profesional harapan bangsa mampu bertindak secara arif dan bijaksana. Kompotensi dari ISBD diharapakan para lulusan mampu :
  • a.       Menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman, kesederajatan dan kebermartabatan manusia sebagai individu dan makhluk sosial dalam berkehidupan bermasyarakat.
  • b.      Memahami dan menghormati estetika, etika, dan nilai-nilai yang menjadi pedoman bagi keteraturan dan kesejahteraan hidup dalam menata hidup kebersamaan dalam masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar