Pages

Subscribe:

Jumat, 20 Januari 2012

MANUSIA DAN PERADABAN


Beberapa arti Peradaban
-          Huntington mendevinisikan peradaban sebagai the highest social grouping of people and the broadest level of cultural identity people have short of that which disthinguish humans from other species.
-          Damono,2001 menyatakan adab berarti ahlak atau kesopanan dan kehalusan budi pekerti
-          Fairchild, 1980;41, menyatakan peradaban adalah perkembangan kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu yang diperoleh manusia pendukungnya.
-          Kontjraningrat (1990:182) menyatakan peradaban untuk menyebut bagian dan unsur kebudayaanyang halus,maju dan indah seperti misalnya kesenian, ilmu pengetahuan, adat sopan santun pergaulan, kepandaian menulis, organisasi kenegaraan, kebudayaan yang menpunyai sistem teknologi dan masyarakat kota yang maju dan kompleks.
-          Ibnu Khaldun (1332-1406 M) melihat peradaban sebagai organisasi sosial manusia, kelanjutan dari pross tamaddun (semacam urbanisasi) lewat ashabiyah (group feeling)  merupakan keseluruhan dari kompleksitas produk kelompok pikiran manusia yang mengatasi negara, ras, suku, atau agama, yang membedakannya dari yang lain tetapi tidak monolitik dengan sendirinya. pendekatan terhadap peradaban bisa dilakuakn dengan mengguanakan organisasi sosial, kebudayaan, cara berkehidupan yang sudah maju, termasuk sistem IPTEK dan pemerintahannya.
Peradaban adalah kebudayaan yang ttelah mencapai tingkat tertentu pada suatu masyarakat, yang tercermin dalam tingkat intelektual, keindahan, teknologi, dan spiritual.
Istilah peradaban dalam bahasa inggris disebut civilization. Istilah peradaban sering dipakaii untuk menunjukan pendapat dan penilaian kita terhadap perkembangan kebudayaan
Pada waktu perkembangan kebudayaan mencapai puncaknya terwujud:
Unsur-unsur budaya yang bersifat halus, indah, tinggi, sopan, luhur dan sebagainya. maka masyarakat pemilik kebudayaan tersebut dikatakan telah memiliki peradaban yang tinggi.
Maka istilah peradaban sering dipakai untuk hasil-hasil kebudayaan seperti : kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, adat sopan santun srta pergaulan. selain itu juga kepandaian menulis, orgganisasi bernegara serta masyarakat kota yang maju dan kompleks. Peradaban memiliki kaitan erat dengan kebudayaan. Kebudayaan hakikatnya adalah hasil cipta karsa dan rasa manusia.
-     Kemampuan cipta (aqal) manusia menghasilkan ilmu pengetahuan
-     Kemampuan rasa manusia melalui alat-alat inderanya menghasilkan beragam barang seni dan bentuk-bentuk kesenian
-     Kemampuan karsa manusia menghendaki kesempurnaan, kemulian dan kebahagiaan sehingga menghasilkan berbagai aktivitas hidup nmanusia untuk memenuhi kebutuhannya.

Hasil atau produk kebudayaan manusia inilah yang menghasilkan peradaban
Setiap masyrakat atau bangsa dimanapun selalu berkebudayaan, tetapi tidak  semuanya memiliki peradaban, peradaban merupakan tahaptertentu dari kebudayaan masyarakat tertentu yang telah telah mencapai kemajuan tertentu yang dicirikan oleh tingkat ilmuu pengetahuan, teknologi dan dan seni yang telah maju
Tingkat rendahnya peradaban suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh : kemajuan teknologi, ilmu pengetahui, tingkat pendidikan
Kemampuan teknologi menjadikan bangsa itu dianggap lebih maju dari bangsa-bangsa lain pada zamannya kemajuan teknologi bisa dilihat dari insfrastruktur bangunan, saran yang dibuat, lembaga yang dibentuk dll. Peradaban ditentukan pula oleh tingkat pendidikan salah satu ciri yang penting dalam definisi peradaban adalah kebudayaan (cultured). orang yang cultured adalah juga yang lettered artinya melek huruf. orang yang cultured adalah mampu menghayati dan memahami hasil kebudayaan adiluhung yang hanya bisa didapatkan dengan pendidikan yang tarap tinggi. bangsa yang beradab adalah bangsa yang terdidik.
Manusia sebagai mahlik yang beradab dan masyarakat adab
Manusia adalah mahluk yang berabad sebab dianugerahu harkat, martabat serta potensi kemanusiaan yang tinggi. dalam perkembangannya bisa jatuh dalam perilaku kebiadaban karena tidak mampu menyeimbangkan atau mengendalikan cipta, rasa dan karsa yang dimilikinya manusia tersebut telah melanggar hakikat kemanusiaan
Catatan unik
-     Manusia memiliki padanan istilah yang dikenakan dengan masyarakat madani atau masyarakat sipil (civil society).(nurcholis madjid)
-     Masyarakat beradab atau berkeadaban
-     Masyarakat madani (masyarakat yang teratur dan beradab)
-     Peradaban hanya terwujud dalam masyarakat eratur.
Wujud peradaban moral
1.      nilai-nilai dalam masyarakan dalam hubungannya dengan kesusilaan
2.      norma : aturan, ukuran atau pedoman yang dipergunakan dalam menentukan sesuatu benar atauu salah, baik atau buruk.
3.      etika : nilai-nilai dan norma moral tentang apa yang baik dan buruk yang menjdi pegangan dalam mengatur tingkah laku manusia. bisa juga diartikan sebagai etiket, sopan santun
4.      estetika : berhubngan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam keindahan, mencakup kesatuan (unity), keselarasan (balaance), dan kebaikan (contras).


Peradaban
Perkembngan kebudayaan yang telah mendapat tingkat tertentu yang diperoleh manusia pendukungnyataraf kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu tercermin pada pendukungnya yang dikatakan sebagai beradab atau mencapai peradaban yang tinggi. Jadi evolusi kebudayaan bisa mencapai sampai pada taraf tinggi yaitu peradaban
Peradaban lahir sebagai respon (tanggapan) yang dengan segenap daya upaya dan akalnya menghadapi, menaklukan dan mengolah alam sebagai tantangan (challenge) guna mencukupi kebutuhan dan melestarikan kelangsungan hidupnya. penerapan teknologi itu bertujuan untuk memudahkan kerja manusia agar meningkatkan efisiensi dan produktifitas.
Gelombang perubahan peradaban manusia mengalami 3 gelombang :
1.      gelombang I peradaban teknologi pertanian berlangsung mulai 800 SM-1500M
2.      gelombang II, peradaban teknologi industri berlangsung mulai 1500M-1970M
3.      gelombang III peradaban informasi berlangsung mulai 1970M-sekarang

Gelombang I ( the first wave revolusi hijau) dalam gelombang ini manusia menemukan dan menerapkan teknologi pertanian manusia cenderung bertempat tinggal di suatu tempat yang kemudian menumbuhkan desa.
Gelombang II revolusi industri (1700-1970)
1712 : penemu mesin uap ditemukan mesin-mesin bergerak cepat dan ban berjalan. mesin-mesin dapat terdengar dan melihat setajam pancaindera. lahir macam-macam mesin baru yang akhirnya dikoordinir dengan rapi menjadi pabrik. penggunaan mesin industri telah memajukan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa eropa
Gelombang III revolusi informasi ditandai dengan kemajuan teknologi informasi yang memudahkan manusia untuk berkomunikasi dalam berbagai bidang
Gelombang III terjadi dengan kamajuan teknologi dalam bidang
1.      komunikasi dan data prosesing
2.      penerbangan dan angkasa luar
3.      energi alternatif dan energi yang dapat diperbarui
4.      terjadinya urbanisasi yang disebabkan oleh kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi
Gelombang III melahirkan suatu masyarakat dunia yang dikenal dengan THE GLOBAL VILLAGE (kampung global) diperkirakan puncaknya pada 10-20 tahun mendatang (sekarang ya...jamannya facebook)


1 komentar:

dili mengatakan...

terima kasih :)
sangat bermanfaat :)

Posting Komentar