Pages

Subscribe:

Jumat, 20 Januari 2012

Pengertian Ilmu Sosial da ilmu Budaya


1.      Pengertian Ilmu social
Sumber dari segala ilmu pengetahuan adalah filsafat (philosophia). Dari filsafat lahir tiga cabang ilmu pengetahuan
1)      Natural Science (ilmu- ilmu alam meliputi: fisika, kimia, biologi)
2)      Social Science (ilmu- ilmu social meliputi: sejarah, polit ekonomi)
3)      Humanities ( ilmu- ilmu budaya meliputi: bahasa, agama, kesenian)
Dalam dunia pengajaran, ilmu- ilmu social mengalami perkembangan sehingga timbul faham studi social. Paham studi social dipergunakan gagi keparluaan pendidikan dan pengajaran bukan disiplin ilmu yang mandiri. Studi social/ IPS adalah ilmu- ilmu social yang disederhanakan untuk tujuan pendidikandan pengajaran di SD dan menengah.
Ilmu social dinamakan demikian karena ilmu tersebut mengambil masyarakat atau kehidupan bersama sebagai objek yang dipelajarinya. Ilmu- ilmu social belum mempunyai kaidah- kaidah dan dalil- dalil tetap yang diterima bagian masyarakat. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah masyarakat yang selalu berubah- ubah.

2.      Ilmu Budaya
Ilmu budaya adalah suatau ilmu pengetahuan mengenai aspek- aspek yang paling mendasar dalam kehidupan manusia sebagai mahluk berbudaya (homohumanus) dan masalah- masalah yang menyertainya, sering disebut humanities yang merupakan pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang konsep- konsep yang dapat digunakan untuk masalah- masalah manusia dan kebudayaan.
Materi ilmu budaya dari bahan pengetahuan humaniora seperti filsafat, teleologia, ilmu hokum, sejarah, bahasa, kesusastraan dan seni. Humaniora mengajarkan bahan ajaran yang mencerminkan keutuhan manusia dan membantu agar manusia lebih manusiawi. Humaniora adalah seperangkat sikap, perilaku, moral manusia terhadap sesamanya, sedangkan humanities adalah pengetahuan kebudayaan.

0 komentar:

Posting Komentar